Friday, May 31, 2013

Komitmen Anak


Hampir dua bulan, Chaska pup-nya berdarah. Saya sudah bolak balik ke dokter. Sudah tiga kali ganti dokter juga. Dokter yang terakhir ini malahan profesor di bagian pencernaan. Profesor ini belum mau memvonis sakitnya Chaska. Beliau mau observasi dulu, katanya. Jadilah, Chaska diminta stop minum susu dan produk turunannya selama dua minggu.
Sekedar informasi, Chaska minum susu kotak cair ukuran 200 ml. Sehari bisa minum 2-5 kotak. Selain minum susu kotak, Chaska juga mengkonsumsi makanan cair P****sure. Jumlah itu tergantung napsu makannya Chaska. Kalau makannya banyak, konsumsi susu dan makanan cair pasti berkurang. Begitupun sebaliknya.

Pada waktu itu, Chaska meng-iya-kan perintah dokter. Nah, justru saya yang pesimis Chaska mampu menahan keinginannya untuk minum susu selama itu. Saya bilang ke mama mertua, sehari dua hari mungkin Chaska bisa tahan. Tapi, dua minggu? Mana saya tega kalau Chaska merengek minta susu. 

Tapi, apa yang terjadi? Chaska ternyata benar-benar mampu menahan keinginannya lho. Memang sekali dua kali, Chaska bertanya kapan dia boleh minum susu. Tapi, ngga sampai ngamuk-ngamuk seperti yang sebelumnya saya bayangkan. Saya sampai takjub.

Saya merendahkan kemampuan Chaska. Ternyata anak berumur lima tahun sekali pun sudah bisa membuat keputusan dan berkomitmen asal diberi kesempatan. 

Gambar diambil dari sini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...