Friday, January 1, 2016

Chaska di Pameran "Adventure of Human Body"


Beberapa hari yang lalu (30/12/15), kami mengunjungi pameran "Adventure of Human Body" di Sumarecon Mal Bekasi. Di area depan pintu masuk pameran, terlihat sosok manusia raksasa yang sedang berbaring miring. Pintu masuk pameran merupakan mulut si manusia raksasa yang terbuka lebar. Saya tidak mengajak Kauri. Karena saya membaca di blog orang lain yang menyarankan anak balita tidak usah dibawa. Karena ruangannya gelap dan banyak suara. Kemungkinan, bukannya menikmati pameran, malah jerit-jerit ketakutan.



Alur pameran ini mengikuti urutan organ dalam manusia. Dimulai dari mulut, tenggorokan, paru-paru, jantung, dst sampai berakhir di usus besar. Selain organ-organ dalam, beberapa sistem kerja tubuh manusia diperlihatkan, seperti pita suara, sistem imun tubuh, sistem peredaran darah, cara kerja otak, bagian neuron. Selain replika organ manusia, pameran ini dilengkapi dengan suara-suara. Misalnya suara orang bernapas sewaktu kami melihat paru-paru, suara degup jantung, suara aliran air (untuk mewakili aliran darah), dst.







Yang paling mengasyikkan dari pameran ini adalah sewaktu kita harus melewati usus halus dan usus besar (kecuali bagian rektum...:D) . Replika usus halus dibuat dari semacam balon yang dibentuk seperti lorong. Dan lorong ini sempit sekali lho. Kami harus berjuang untuk melewatinya (lihat foto Chaska yang terakhir). Tapi, saya dan Chaska justru tertawa-tawa senang. Di usus halus ini juga terdengar suara seperti bunyi gulp..gulp..gulp. 

Nah, bagian usus besar juga seru. Di dalamnya ternyata seperti labirin. Kami bahkan sempat tersasar ke usus buntu. Petualangan berakhir di rektum dan yaaa, disitu juga ada replika kotoran manusia. Pameran ini sebenarnya keren dan asyik. Hanya saja di awal-awal rasanya seperti masuk rumah hantu. Karena ruangannya gelap dan ada suara-suara aneh. Saya juga beberapa kali tersandung. Pameran ini berakhir pada akhir Januari 2016. Chaska saja sudah dua kali berkunjung. Yuk, kita belajar mengenal tubuh manusia!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...